Friday, March 11, 2011

Konsep data / pengumpulan data


Data adalah keterangan yang benar dan nyata yang dapat dijadikan suatu kajian (analisis atau kesimpulan). Defenisi lain, data adalah informasi dari atau tentang suatu gejala. Data merupakan sesuatu yang harus ada untuk dapat melakukan perhitungan statistik. Oleh karena itu data yang diperoleh dan akan diolah dengan teknik statistik haruslah dapat dipertanggungjawabkan (Nurgiyantoro, 2009:26).

Terdapat dua hal utama yang mempengaruhi kualitas data hasil penelitian, yaitu: kualitas instrumen penelitian, dan kualitas pengumpulan data. Kualitas instrumen penelitian berkenaan dengan validitas dan reliabilitas instrumen dan kualitas pengumpulan data berkenaan ketepatan cara-cara yang digunakan untuk mengumpulkan data. Oleh karena itu, instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, belum tentu dapat menghasilkan data yang valid dan reliabel, apabila instrumen tersebut tidak digunakan secara tepat dalam pengumpulan datanya. Menurut Narbuko (2005) kualitas data sangat ditentukan oleh alat pengumpulan datanya. Kalau instrumennya cukup valid, reliabel dan objektif maka datanya juga akan valid, reliabel dan objektif.

Cresswell (2008) menyebutkan bahwa pengumpulan data adalah alat untuk mengidentifikasikan dan menyeleksi untuk digunakan sebagai studi dengan menyertakan ijin dari mereka yang dijadikan sebagai studi atau objek pengamatan dan mengumpulkan informasi dengan sistematika yang teratur melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada orang-orang atau dengan mengamati tingkah laku mereka.

Pengumpulan data dapat dilakukan dalam berbagai setting, berbagai sumber, dan berbagai cara. Bila dilihat dari setting-nya, data dapat dikumpulkan pada setting alamiah (natural setting), pada laboratorium dengan metode eksperimen, di rumah dengan berbagai responden, pada suatu seminar, diskusi, di jalan dan lain-lain. Bila dilihat dari sumber datanya, maka pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer, dan sumber sekunder. Sumber primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, dan sumber sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen. Selanjutnya bila dilihat dari segi cara atau teknik pengumpulan data, maka teknik pengumpulan data dapat dapat dilakukan teknik interview (wawancara), kuisioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan ketiganya.

No comments:

Daftar Isi